Beranda > Makalah, Sosial > Makalah | Perubahan Sosial dan Perubahan Budaya

Makalah | Perubahan Sosial dan Perubahan Budaya

Makalah perubahan sosial dan perubahan budaya ini mencoba memberikan penjelasan mengenai hakekat perubahan yang terjadi dalam kehidupan sosial manusia, faktor-faktor yang turut mempengaruhi tingkat dan corak perkembangan itu, dan implikasi dari perubahan tersebut terhadap kehidupan manusia bermasyarakat.

Terdapat perbedaan pengertian antara perubahan sosial dan perubahan kebudayaan. Yang dimaksud dengan perubahan sosial adalah perubahan dalam struktur sosial dan dalam pola-pola hubungan sosial, yang antara lain mencakup, sistem status, hubungan-hubungan dalam keluarga, sistem-sistem politik dan kekuatan, dan persebaran penduduk.

Sedangkan yang dimaksud dengan perubahan kebudayaan adalah perubahan yang terjadi dalam sistem ide yang dimiliki bersama oleh para warga atau oleh sejumlah warga masyarakat yang bersangkutan, yang antara lain mencakup, aturan-aturan atau norma-norma yang digunakan sebagai pegangan dalam kehidupan warga masyarakat, nilai-nilai, teknologi, selera dan rasa keindahan atau kesenian dan bahasa.

Selengkapnya mengenai makalah perubahan sosial dan perububahan budaya ini silahkan mengunduh file berformat Microsoft Word 2003 (177 kb) di sini.

Baca artikel dan makalah lainnya:

· Makalah | Pengaruh Kedisiplinan Terhadap Daya Serap Belajar Siswa

· Makalah Dasar dan Tujuan Pendidikan Islam

Tinggalkan komentar